From Jokja with Semangkuk Soto

17.36 0 Comments

Sejak pindah ke Jogja, soto menjadi sarapan favorit saya. Kenapa begitu?? Hmmm....cobalah keliling jogja pagi hari. Selain pecel dan gudeg, soto merupakan menu masakan yang paling banyak dijajakan di pagi hari.
Dan warung-warung soto itu selalu penuuuhhh!!!
Padahal menurut saya, soto ala jogja rasanya masih kalah enak dengan soto lamongan misalbya. Rasanya ringan, menurut saya sih begitu. Tapi menikmati semangkuk soto dan segelas teh hangat pada pagi hari di jogja memang sesuatu banget.
Pernah saya pagi hari ke Beringharjo. Masih jam setengah sembilan pagi. Sambil menunggu lapak tujuan buka, saya menikmati semangkuk soto, perkedel (orang jogja bilangnya...bergedel) dan segelas teh hangat. Duduk di bangku cor-coran di trotoar jalan malioboro. Pagi itu, saya merasa bahwa semangkuk soto pamas yang dimakan perlahan pas banget dengan ritme kota Jogja yang lambat. Rasanya yang ringan juga pas banget dengan Jogja yang sederhana....
Pernah saya coba sarapan pakai soto di kota lain. Atau sarapan pakai soto khas daerah lain di jogja dan tetap di pagi hari.
Tahukah kalian???
Feel nya tak sama!!!

Jadi berlebihankah saya, kalau saya bilang....dalam semangkuk soto ayam ala Jogja terdapat suasana Jogja yang kental di dalamnya??

0 komentar: