Ngabur ke Nusa Lembongan

Trip Bali kemarin  saya sempat melarikan diri sejenak ke Nusa Lembongan, sebuah pulau kecil di tenggara pulau Bali. Beberapa tahun terakhir ini memang Nusa Lembongan telah menjadi primadona baru pariwisata di Bali. 
Jam setengah sembilan saya sudah berada di Pelabuhan Sanur. Maksud hati ingin menyeberang dengan speed boat menuju Jungut Batu tapi ternyata saya ketelatan. Meski baru berangkat seperempat jam lagi, tapi sudah tak ada kursi tersisa di speed boat tersebut. Terpaksa saya menggunakan speed boat yang lain dengan tujuan Mushroom Bay. Saya langsung membeli tiket pulang karena saya tidak berencana menginap di sana. Dengan Rp 120.000 (domestik, Juni 2013) saya sudah mengantongi tiket pp Sanur - Mushroom Bay - Sanur.
Setelah setengah jam perjalanan, sampailah saya di Mushroom Bay. 

Mushroom Bay

Dari Mushroom Bay, ada tiga cara untuk mengelilingi pulau ini. Yang pertama, rental motor. Yang kedua, sewa perahu dan akan mengitari Nusa Lembongan, Nusa Penida, dan Nusa Ceningan. Harga yang ditawarkan kemarin sekitar Rp 200 ribuan per orang. Yang ketiga adalah sewa mobil pick up seharga Rp 500.000 untuk seharian  tapi hanya mencakup muterin Nusa Lembongan saja. Kemarin saya memilih sewa pick up karena pertimbangan waktu dan anggota tim jalan-jalannya. 

Mobil Pick Up Sewaan

Karena jam tiga sore saya sudah harus berada kembali di dalam speed boat menuju Sanur, maka saya memutuskan untuk mengambil rute singkat, yaitu: Mushroom Bay - Jungut Batu - Mangrove - Jembatan Nusa Ceningan - Rumah Bawah Tanah - Mushroom Bay.

Perjalanan keliling Nusa Lembongan ini cukup mengasyikan. Jalanan Nusa Lembongan yang sempit dan tidak mulus membuat kami harus rela sedikit 'terlempar-lempar'. Tapi semua itu terbayar dengan pemandangan yang oke di beberapa spot. Di tengah perjalanan menuju Jungut Batu saya sempat menemukan kuburuan masyarakat di Nusa Lembongan. Tidak begitu besar tapi bentuk nisannya yang artistik bikin saya tertarik untuk mengabadikannya.

Kuburan 

Sesampainya di Jungut Batu, saya langsung turun dari pick up dan menyusuri pantai. Jungut Batu terkenal dengan petani rumput lautnya. Selain itu air laut nya masih jernih dan suasananya sepi. Cocok untuk leyeh-leyeh menikmati hari. 

Jungut Batu

Sesajen di pinggir pantai

Menjemur rumput laut

Petani mengumpulkan rumput laut
 Puas leyeh-leyeh dan foto-foto, saya melanjutkan perjalanan ke Mangrove Beach. Nongkrong sebentar di resto di pinggir pantai, kemudian saya memutuskan untuk menyewa jukung untuk menjelajahi hutan mangrove. Sebuah jukung muat hingga 4-5 orang. Hanya dengan membayar Rp 50.000 per orang, saya bisa menjelajahi hutan mangrove hingga puas.

Hutan Mangrove



Mangrove Trip

Sekitar satu setengah jam saya menjelajahi hutan mangrove. Keren! Amazing!!! Benar-benar masih alami. Dan sensasi menjelajah dengan jukung membuat trip ini jadi tambah asyik. Jika arus air nya deras, maka siap-siap mengalami jukung yang oleng. Atau jika jukung nyantol  di akar-akar bakau itu biasanya jukungnya pun akan sedikit 'bergoyang'.  Seru, lah pokoknya ! 

Selesai trip Mangrove, saya melanjutkan perjalanan ke Jembatan kuning yang menghubungkan Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan. Jembatan ini sangat populer dan jadi salah satu spot wajib untuk didatangi. Sempat berfoto-foto sejenak di sana. Sayangnya saya tidak sempat menyebrang ke Nusa Ceningan. 

Jembatan Kuning

Karena waktu yang sudah semakin mepet, akhirnya saya terpaksa melewatkan mengunjungi rumah bawah tanah dan langsung menuju Mushroom Bay. Ternyata suasana Mushroom Bay yang pagi tadi cukup lengang, sore ini cukup ramai. Wisatawan asyik snorkling, main kano, berenang, atau sekedar berjemur di pinggir pantai.

Main Kano

Add caption
Akhirnya speed boat yang dinanti datang juga. Dengan berat hati saya harus meninggalkan pulau yang asyik ini. Selamat tinggal, Nusa Lembongan! Kelak ku pasti berkunjung lagi!


TIPS TRAVELER
  1. Mau ke Nusa Lembongan murah??? Datang saja ke pelabuhan Sanur. Ada banyak pilihan speed boat (lama perjalanan setengah jam) atau kapal nelayan murah (lama perjalanan satu setengah hingga dua jam) untuk menuju ke sana. Kalau mau pulang balik sehari disarankan untuk beli tiket pp
  2. Nginep di sana? Ada banyak penginapan yang oke dan terjangkau di daerah Jungut Batu maupun Mushroom Bay.
  3. Kalau mau keliling pulau bisa sewa motor, sewa pick up, atau sewa perahu. Biasanya di pelabuhan Mushroom Bay banyak yang menawarkan sewa transportasi itu.
  4. Bisa ngapain saja di sana??? Snorkling, hopping island, kano, berenang, leyeh-leyeh, mangrove tour, atau sekedar puter-puter pulau bisa dilakukan. Kalau beruntung, bisa nemu penduduk lagi sabung ayam.
  5. Bawa duit cash! Nggak ada atm di sana!

0 komentar: