From Saigon with Love: Taman Kota


Saya jatuh cinta dengan taman kota di Saigon. Mungkin kalau dilihat dari penampakannya biasa saja. Masih lebih cantik taman-taman kota di negara barat sana. Tapi nyatanya saua betah banget menghabiskan hari di tempat-tempat itu. Ah, pusat kota Saigon memang diberkahi dengan kehadiran taman kota yang meski tidak terlalu banyak tapi bisa bikin adem dan betah bagi orang-orang yang nongkrong di situ.

Taman kota di Saigon sebenarnya lebih mirip dengan 'hutan' kecil di tengah kota. Pohon-pohon tinggi yang rimbun dengan kursi-kursi taman, serta bebas sampah membuat saya begitu betah berada di sana. Terkadang di salsh satu sudutnya ada tempat bermain khusus bagi anak-anak (playground). Ada pula taman kota yang berwujud benar-benar seperti taman, tanpa pohon-pohon yang tinggi menjulang tapi nyaman banget sebagai tempat duduk-duduk menikmati sore sambil melihat anak-anak muda yang asyik bermain bola.
Di sini, taman kota benar-benar milik rakyat. Keluarga-keluarga muda yang sedang menikmati quality time nya, para remaja yang asyik bermain, muda-mudi yang sedang pacaran, atau seorang 'penjelakah' seperti saya yang sedang 'berkenalan' dengan tempat dan lingkungan yang baru.
Yang namanya taman kota biasanya dikelilingi oleh trotoar yang cukup lebar. Nah, menjelang malam biasanya trotoar tersebut dipenuhi dengan deretan sepeda motor dan diatas motor-motor itu duduk pasangan-pasangan yang sedang bercinta. Hehe...sungguh suasana itu bisa bikin yang jomblo super iri, deh!!!
Nah meski taman kota itu dipenuhi oleh warga kota, tapi selama saya di sana tak pernah sekalipun saya melihat ada pedagang asongan yang menjajakan dagangamnya di situ. Selain itu saya salut bener dengan tidak adanya sampah-sampah yang bertebaran di taman kota.

Taman di depan Gedung Opera House

Playground di salah satu sudut sebuah taman kota

0 komentar: