Berburu Kuliner di Rembang dan Lasem

Sepertinya, kalau jalan-jalan tanpa makan-makan itu nggak asyik, ya! Terasa ada yang kurang. Betul begitu, bukan?? Nah, maka dari itu, ketika saya blusukan ke Rembang dan Lasem kemarin saya menyempatkan diri untuk mencicipi yang enak-enak di sana. Sebagai gambaran, makanan di Rembang Lasem itu umumnya bersantan, manis, tapi ada sedikit cita rasa pedas.   Ditemani Pop, guide terasyik yang pernah saya temui, saya mencoba beberapa makanan yang belum pernah saya temui sebelumnya.
Apa itu???? Mari kita cekidot!!!

SATE SREPEH

Sate Srepeh
Pagi itu, saya diajak Pop sarapan sate srepeh. Sate srepeh adalah sate ayam berkuah santan yang dimakan dengan nasi dan sayur tahu dengan taburan kacang. Ketika sate srepeh terhidang di depan saya, Pop menyuruh saya untuk mencicipi satenya terlebih dahulu. Hmmm....rasanya enak!! Bumbu santannya mirip-mirip dengan kuah ayam bumbu rujak ala Jawa Timuran. Setelah itu, baru saya diperbolehkan mencampurnya dengan nasi tahu. Ternyata nasi tahunya manis. Dan pedas. Jika dicampur dengan sate, maka rasa kuah satenya jadi kalah kuat dibanding rasa nasi tahunya. Hmm.....saya jadi mengerti mengapa Pop menyuruh saya mencoba satenya terlebih dahulu. Yang bikin tambah  sedap karena nasi tahunya diletakkan di atas daun jati. 
Sate srepeh ini memang nikmat untuk dijadikan sarapan. Salah satu penjual sate srepeh yang terkenal di Rembang adalah sate srepeh Bu Slamet yang terletak di kawasan Pecinan.

LONTONG TUYUHAN

Lontong Tuyuhan

"Pokoknya, saya harus nyobain lontong tuyuhan ya, Pop!" ujar saya pada Pop, teman baru merangkap guide. Saya memang penggemar masakan semacam lontong opor, lontong sayur, dan turunannya. Di siang yang terik, sehabis ber heritage trail, saya mengunjungi desa Tuyuhan. Untuk menikmati....lontong tuyuhan.
Ketika sampai, saya sedikit kecewa. Saya membayangkan akan melihat deretan mbok-mbok dengan pikulan khas nya dan dingklik-dingklik kecil yang penuh berisi orang-orang yang sedang menikmati lontong tuyuhan. Nyatanya, pusat kuliner lontong tuyuhan sudah berupa bangunan permanen dan terdiri dari kios-kios kecil. 

Tapi tak apalah! Ketika si penjual tengah mengirisi lontong kemudian mencampurnya dengan kuah opor dan potongan ayam, saya sudah lupa kekecewaan saya. Tak sabar saya mencobanya. Hummm....opor yang kental, gurih,  dan sedikit pedas. Agak berbeda dengan opor-opor yang selama ini saya kenal. Tidak seperti lontong opor pada umumnya yang terdiri dari opor dan sambel goreng serta uba rampe lainnya, lontong tuyuhan ini murni terdiri dari lontong, kuah opor, dan potongan ayam. Kuahnya sendiri sudah pedas. Yang menarik dari makanan ini adalah bentuk lontongnya! Biasanya bentuk lontong itu kan seperti tabung, bulat memanjang. Nah, kalau yang ini lontongnya berbentuk segitiga dan gepeng. Jadi ketika lontongnya dipotong-potong bentuknya jadi lebar-lebar dan tidak beraturan. Siang itu, saya sampai nambah dua piring!

SOTO REMBANG

Soto Rembang

Pagi terakhir saya di Rembang, Pop mengajak sarapan di sebuah warung yang menjual soto Rembang. Humm.....apa bedanya soto rembang dengan soto-soto lainnya, ya???
Soto rembang itu ternyata berkuah santan dan berwarna kecoklatan (karena kecap), meski isinya tetap sama. Suwiran ayam, kecambah, dan bawang goreng. Tidak ada kubis/kol dan so'on yang menemani. Agar tidak eneg, maka harus diberi perasan jeruk nipis. Rasanya?? Mirip-mirip dengan nasi gandul khas Pati itu. Tapi rasa soto ini mengingatkan juga pada nasi pindang Kudus. Enak?? Not bad, lah!! 





0 komentar: