Nginep ala couchsurfing

Tau couchsurfing kan??? Itu...semacam komunitas traveler dimana mereka saling menyediakan penginapan gratis - biasanya di rumah mereka - untuk para teaveler lain.
Nah, waktu trip Lasem kemarin, tak disangka tak dinyana saya ditawarin Pop, teman blusukan saya di Lasem untuk nginep di rumah adiknya ketimbang bengong sendirian di hotel.

Hmmm saya langsung menyambut positif tawaran tersebut. Selain menghemat rupiah, saya juga penasaran dengan menginap gratis ala couchsurfing itu.

Kebetulan adiknya si Pop memang sudah terbiasa menerima 'tamu tak diundang' seperti saya ini. Setelah perkenalan singkat, dengan diantar oleh Pop, saya meluncur ke rumah itu.
Lumayan lah...dua hari menginap gratis dan asyiknya karena si pemilik rumah sudah terbiasa menerima para traveler, jadinya bener-bener ngebanti saya untuk bisa 'feel at home'

TIPS TRAVELER
1. Baru pertama kali??? Ga ada salahnya bertanya tentang 'peraturan' di rumah/keluarga tersebut
2. Sosialisasi, ngobrol dengan anggota keluarga yang lain atau nonton tv bareng
3. Jangan pulang malem-malem, apalagi dalam keadaan tipsy!!! Big NO!!!
4. Sesekali bawakan oleh-oleh jika kita pulang dari ngelayap. Bisa berupa kue atau cemilan
5. Jangan bikin berisik!!!
6. Jangan bikin kotor
7. Ucapkan terima kasih ketika kita mau pulang. Sopan santun bo!!! Karena boro-boro kita udah dibolehin nginep gratis di situ!!!

0 komentar: