From Saigon with Love: Angkat Senjata di Cu Chi Tunnel

Saya dan AK 147
Salah satu cita-cita saya dulu kalo jalan-jalan ke Saigon adalah mengunjungi Cu Chi (baca: ku ci) Tunnel. Wajib hukumnya. Alasannya simpel saja. Saya kepingin main tembak-tembakan pakai AK 147!!! Jadi, ketika pada akhirnya saya mempunyai kesempatan untu blusukan ke sana, Cu Chi Tunnel jadi top priority destination yang harus saya datangi.

Cu Chi Tunnel terletak di distrik Cu Chi, sekirar satu setengah jam hingga dua jam perjalanan dari Saigon. Dulu tempat ini digunakan oleh tentara Viet Cong bergerilya melawan tentara Amerika pada masa perang Vietnam.

Tempat ini asyik banget. Di sini, kita bisa melihat trickynya para tentara Viet Cong itu dalam melawan tentara Amerika. Ada bermacam-macam jebakan yang menurut saya cukup safis yang dulu digunakan untuk menjebak tentara Amerika. Selain itu, dijelaskan pula bagaimana kehidupan di dalam tunnel itu berlangsung. Bagaimana bisa keberadaan mereka bisa tidak diketahui oleh tentara Amerika. Satu kata kala saya mendengar penjelasan ini adalah: JENIUS!!!

Deretan contoh jebakan di Cu Chi Tunnel
Fox Trap
Nah, para wisatawan  dapat juga melakukan simulasi amat singkat menyusuri tunnel. Ada dua macam tunnel sebenarnya. Yang pertama adalah tunnel yang memang diperuntukkan bagi para wisatawan. Tunnelnya tidak terlalu sempit. Tapi...saya memilih tunnel satunya yang jauh lebih sempit dan gelap. Saya cuma ingin merasakan secara nyata sekilas kehidupan para gerilyawan dulu beserta keluarganya. Dan...seru banget sekaligus capek banget karena sepanjang menyusuri tunnel, saya harus jaln jongkok.

Setelah simulasi di dalam tunnel itu selesai, akhirnya bagian tang saya tunggu-tunngu datang juga. Yaaay!!! Saya bisa angkat senjata, bermain-main dengan AK 147 impian saya!! Paket penyewaannya adalah sepuluh peluru. Dan seperti yang telah diduga sembilan peluru saya habiskan percuma. Untungnya saya bisa tepat mengenai sasaran dengan peluru terakhir. Yaayy!!!

Sebenernya belum puas sih main tembak-tembakan hanya dengan sepuluh peluru. Mengingat yang sembilannya gagal total. Tapi..berhubung Dong di dompet mulai menipis jadi saya terpaksa menahan hasrat untuk main tembak-tembakan lagi.

Ah, someday saya harus mengulanginya lagi!!!

TIPS TRAVELER
1. Kalau mau ke sini disarankan untk ambil paket half day tour atau one day tour yang dicombine dengan tur ke Cao Dai temple. Kemarin saya ambil paket half day tour seharga lima dolar US dari hostel tempat saya mengunap dan ternyata saya beruntung banget bisa mendapatkan guide yang bisa cerita banyak tentang Vietnam. Kalau mau pergi sendiri sih bisa saja. Ada bis yang menuju ke sana. Bisa di googling bis nya yang mana.

2. Bagi yang takut gelap dan sempit disarankan untuk masuk tunnel yang memang disediakan untuk turis.

3. Bawa air minum karena mengeksplor tempat ini cukup melelahkan

0 komentar: