Kopi Lasem

Secangkir kopi lasem
Saya adalah coffe addict. Pecandu kopi. Segala macam kopi saya suka. Ketika saya ngetrip ke Lasem beberapa waktu yang lalu, saya tertarik untuk ngopi di warung kopi di Lasem. Sebelum berangkat saya sempat browsing dan membaca kalau Lasem itu terkenal dengan istilah 'kopi lelet' nya. Wah...ada apa dengan kopi lelet Lasem?

Ketika saya tiba di Lasem, saya sudah berpesan pada Pop kalau saya ingin sekali mencoba yang namanya kopi lelet. Jadi, setelah trip mengeksplorasi jalan Dasun, saya bersama Pop, Mas Toro (pemilik radio Maloka FM), dan beberapa teman dari Lasem Heritage menyambangi sebuah warung kopi.


Warung Kopi John
Sebuah warung kopi John di jalan Soditan kami sambangi. Suasana siang itu sepi. Kami memilih duduk di pojokan. Memesan lima cangkir kopi. Sambil menunggu kopi datang, saya diberi sedikit cerita mengenai proses pembuatan kopi Lasem.
Pada umumnya kopi Lasem ini adalah produk rumahan. Banyak orang-orang di Lasem yang masih rajin membuat kopinya sendiri. Biji kopi mula-mula dipisahkan. Yang utuh dan yang sudah pecah. Masing-masing disangrai lalu ditumbuk halus. Tentu saja dengan diberi berbagai ramuan....  Salah satu keunggulan pada kopi Lasem adalah butiran bubuknya yang sangat halus.

Lalu dimana 'lelet'nya??
Nah, ini dia! Jadi, setelah secangkir kopi dihidangkan, maka kopi itu dituang pada lepekan kemudian didiamkan. Biarkan semua ampasnya mengendap. Setelah mengendap, perlahan kopi dituang kembali ke dalam cangkir tapi diusahakan ampasnya tertinggal di lepekan tadi. Setelah itu kopi siap dinikmati.
Biasanya, bagi sebagian orang menikmati secangkir kopi kurang lengkap rasanya bila tidak dengan disertai menghisap rokok. Demikian pula di Lasem. Tapi, sebelum rokok dihisap, terlebih dulu ampas kopi yang ada di lepekan tadi di 'lelet'kan pada kertas pembungkus rokok.Bisa dikatakan ampas kopi tersebut digunakan untuk membatik rokok. Setelah rokok-rokok itu 'dibatik' maka rokok tersebut baru siap untuk dihisap. Saya baru ngeh ternyata makna 'lelet' pada rokok lelet adalah rokok yang dileleti oleh ampas kopi. 

Iseng saya bertanya, memangnya adakah bedanya merokok dengan rokok biasa dan merokok dengan rokok yang sudah 'dibatik' oleh ampas kopi tadi? Beberapa nara sumber mengatakan bahwa rasanya beda. Lebih 'nendang', begitu kata mereka.


Kopi yang dituang pada lepek
Membatik rokok dengan ampas kopi
Rokok lelet
Motif lain rokok lelet

Berhubung saya tidak merokok, saya akhirnya mencoba untuk membatik rokok dengan ampas kopi saya. Hihih....ternyata asyik juga..!!!!


0 komentar: