Sosrowijayan dan bookshop


Sosrowijayan, siapa yang nggak kenal dengan daerah itu? Sebagai salah satu kampung turis di Yogya, nama 'Sosrowijayan' sangat terkenal di antara para turis berbudget rendah.

Siang ini, saya mencoba menyusuri Sosrowijayan. Tepatnya di Sosrowijayan Wetan gang 1 san Sosrowijayan Wetan gang 2. Deretan losmen, guest house, penginapan murah, dan pub/bar bertebaran di sana. Tapi....ada satu hal yang menarik hati.
Di tempat ini, terdapat beberapa toko buku yang menjual novel/buku-buku impor. Buku-buku tersebut pada umumnya berada dalam kondisi bekas!!

Iseng, saya memasuki toko buku yang pertama kali saya temui di gang Sosrowijayan Wetan 1. Namanya Rama bookshop. Tokonya mungil dengan interior yang tidak 'wah', namun cukup membuat saya betah berada di sana. Beberapa judul yang menarik hati saya temui di sana. Setelah itu saya mencoba memasuki beberapa toko buku yang lain.

Harga buku-buku di sini beragam. Mulai seharga 30ribu an hingga ada yang mencapai ratusan ribu. Uniknya, jika kalian membeli buku di sini kemudian setelah buku itu selesai dibaca kalian ingin menjual buku tersebut di tempat kalian membeli, maka buku tersebut akan dihargai setengah dari harga pembelian tadi. Misal kalian membeli buku seharga 50 ribu rupiah lalu ingin menjual buku itu kembali di tempat kalian membeli buku itu tadi. Maka kalian akan mendapatkan usng sebesar 25ribu rupiah. Hehe.... Lumayan juga ya!!

Beberapa toko buku di sini merangkap sebagai tur agen kecil-kecilan yang melayani tur seputar Yogya hingga ke luar kota. Terkadang toko buku itu juga menawarkan rental mobil/motor. Ada pula toko buku yang juga merangkap sebagai toko suvenir. Misalnya di Boomerang bookshop. Suvenir yang dijual di sana lucu- lucu. Mulai dari magnet khas yogya, dompet, tas berbahan baku bungkus pelembut/sabun cuci bekas, bros, kartu pos etnik......wah keren-keren deh pokoknya!!!

Tips traveler
Jika berkunjung ke toko-toko buku ini, selalu bawa uang cash, karena di sini tidak tersedia mesin auto debit.


0 komentar: